Lengkap Materi MOS/MPLS 2019/2020 SMP SMA SMK Format doc

Lengkap materi MOS/MPLS 2019/2020 SMP SMA SMK format doc digunakan untuk mensukseskan kegiatan masa orientasi siswa atau sekarang dikenal dengan istilah pengenalan lingkungan sekolah sebagai dasar yang nantinya akan diberikan kepada calon peserta didik baru yaitu berupa wawasan, pengetahuan, dan pengalaman sebelum mereka memasuki tahap pembelajaran disekolah.

Lengkap Materi MOS/MPLS 2019/2020 SMP SMA SMK Format doc

Pelaksanaan MPLS diagendakan harus sesuai aturan yang sudah ditetapkan dengan melibatkan pihak pihak sekolah serta menjadi kewenangan guru. Selain itu jika sekolah ingin mengundang pemateri dari luar seperti tenaga kependidikan, sebaiknya yang sesuai dengan materi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) , sedangkan untuk materi wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air harus bekerjasama dengan TNI-POLRI terdekat.

Waktu Pelaksanaan

Masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru dapat dilaksanakan dalam jangka waktu 5 (lima) atau 6 (enam) hari sesuai kondisi dan kebutuhan sekolah yang dilaksanakan pada minggu pertama awal Tahun Pelajaran 2018/2019. Kegiatan MPLS, pada hari ke-1 (satu), ke-5 (lima) atau ke-6 (enam) dilaksanakan di sekolah, dengan materi dan narasumber dari sekolah dengan melibatkan instansi/Lembaga terkait seperti Puskesmas, Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional (BNN), dll, yang mendukung terlaksananya kegiatan yang relevan dengan kebutuhan masing-masing sekolah.

Bentuk Kegiatan

a) Kegiatan wajib
Kegiatan wajib merupakan rangkain proses penadadaran dilakukan sesuai dengan silabus MPLS pada Lampiran 1 yang dikemas dan dipaparkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik baru.

b) Kegiatan pilihan
Adapun kegiatan pilihan merupakan materi pendukung yang digunakan sebagai alternatif selama MPLS, sebagai berikut:
  1. Diskusi konseling misalnya tentang peminatan dan prospeknya dalam keprofesian;
  2. Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap diskusi;
  3. Pengenalan tata cara dan etika makan, tata cara penggunaan fasilitas toilet, dan tata cara berpakaian/sepatu;
  4. Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah;
  5. Menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum;
  6. Kegiatan simulasi penanggulangan bencana;
  7. Menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah;
  8. Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur dalam peraturan perundangundangan terkait;
Materi MOS/MPLS Tahun 2019/2020

1. Kepemimpinan (leadership)
Kepemimpinan yang dianggap efektif harus mempertimbangkan social basis apabila tidak menghendaki timbulnya ketegangan-ketegangan atau setidak-tidaknya terhindar dari pemerintah boneka belaka, didalam masyarakat tradisional dan homogen hukum adat perlu disesuaikan dengan sussunan masyarakat tersebut yang masih tegas-tegas memperlihatkan ciri-ciri paguyuban. Hubungan pribadi antara pemimpin dengan yang dipimpin sangat dihargai. Dengan sendirinya, masyarakat lebih menaruh kepercayaan beserta peraturan-peraturan.

Maka keputusan para pemimpin tersebut sekaligus merupakan pula rasa keadilan masyarakat yang bersangkutan. Pada umumnya para pemimpin masyarakat tradisional adalah pemimpin-pemimpin dibelakang atau ditengah. Jarang sekali yang menjadi pemimpin dimuka umum. Sebaliknya, apabila ditinjau dan ditelaah pada keadaan dikota-kota besar, maka susunan masyarakat kota tersebut menghendaki kepemimpinan yang lain dari kepemimpinan pada masyarakat tradisional. Maka Kebijaksanaan rasionallah yang sangat diperlukan.

Lihat Juga : Pedoman/Juknis MOS/MPLS 2019/2020

2. Kesadaran berbangsa dan bernegara
Sikap patriotisme bangsa indonesia telah dimulai sejak jaman penjajahan, dengan banyaknya pahlawan pahlawan yang gugur dalam rangka mengusir penjajah seperti Sultan Hasanudin dari Makasar, Pangeran Diponogoro dari Jawa tengah, Cut Nyak Dien Tengku Umar dari Aceh dll. Sikap patriotis memuncak setelah proklamasi kemerdekaan pada periode perjuangan fisik antara tahun 1945 sampai 1949 yaitu periode mempertahankan negara dari keinginan Belanda untuk kembali menjajah Indonesia. Ciri-ciri patriotisme adalah:Cinta tanah air, Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, Menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan, Berjiwa pembaharu, Tidak kenal menyerah dan putus asa.

Selanjutnya silahkan unduh dibawah ini :
Demikian tadi tentang materi MOS/MPLS 2019/2020 SMP SMA SMK format doc yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat.

4 Komentar untuk "Lengkap Materi MOS/MPLS 2019/2020 SMP SMA SMK Format doc"

  1. Sangat mendukung jika materi pls SMA diseragamkan untuk yg wajib dan diberikan ruang kosong untuk materi pilihan yg disesuaikan dg kearipan lokal..

    BalasHapus
  2. izin unduh dan share ya min...

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silahkan pak mufid. semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Thanks sangat bermanfaat

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel