Pedoman/Juknis MPLS/MOS 2019/2020 (Pengenalan Lingkungan Sekolah)

Pedoman/Juknis MPLS/MOS 2019/2020 (Pengenalan Lingkungan Sekolah) sebagai petunjuk dalam menyelenggarakan kegiatan masa orientasi siswa baru agar sesuai dengan ketetapan menteri pendidikan dan kebudayaan. Tujuan dibuatkannya juknis ini adalah untuk memberikan pembelajaran secara edukatif kepada calon peserta didik di setiap jenjang pendidikan SD SMP SMA SMK. Kalo dilihat beberapa tahun kbelakang bahwa pengadaan MOS, masih ada beberapa tindakkan kurang ber etika khusunya di Sekolah Menengah Atas/Kejuruan dengan dilakukan oleh oknum oknum tertentu dari senior/ kakak kelasnya, atau istilhanya dulu adalah peloncoan.

Pedoman/Juknis MPLS/MOS 2019/2020 (Pengenalan Lingkungan Sekolah)

Kemudian baru di tahun 2016 KEMDIKBUD Republik Indonesia secara resmi melalui surat edarannya melarang kegiatan MOS/MPLS yang dilakukan oleh pelajar dalam hal ini adalah kakak kelas, karena dikhawatirkan terjadi aksi kekerasan yang dilakukan senior terhadap calon siswa dikelas satu. Sebagai gantinya, dikeluarkanlah Permendikbud nomor 18 tahun 2016 yang berisi tentang tata cara pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru yang menghilangkan stigma kurang baik/negatif tentang pelaksanaan masa orientasi siswa.

Topik Kegiatan MPLS

Masa pengenalan lingkungan sekolah wajib melakukan kegiatan kegiatan
dengan topik-topik yang bersifat edukatif seperti pada Lampiran 1.

Bentuk Kegiatan MPLS Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Pemberian bahan MPLS pada PPK adalah Mengenal Jati Diri Bangsa, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Cinta Tanah air dan Kedisiplinan bentuk kegiatannya dapat berupa ceramah, diskusi, paparan, penampilan/tayangan audio visual tentang sejarah Bangsa Indonesia, latihan baris berbaris dan Camp.

Narasumber dan Fasilitator

Narasumber dan fasilitator pengenalan lingkungan sekolah disamping dilakukan oleh guru sekolah atau dapat melibatkan tenaga kependidikan sekolah bersangkutan yang relevan dengan topik kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. Apabila terdapat keterbatasan jumlah guru dan/atau untuk efektifitas dan efisiensi pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah dapat melibatkan anggota OSIS, dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada Pasal 5 ayat 3 Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016. Selama MPLS dilarang melibatkan siswa senior/kakak kelas dan/ atau alumni sebagai penyelenggara. Khusus topik kesehatan remaja narasumber dari Puskesmas setempat atau dokter yang berwewenang, sedangkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dari TNI-POLRI.

Manfaat Kegiatan MOS/MPLS

Membantu pesrta didik/siswa siswi dalam menyesuaikan dengn keadaan kondisi wilayah sekolah dan sekitarnya, misalnya terhadap aspek kebersihan, keamanan, fasilitas sarpras, kantin, koperasi, dan sarana penunjang belajar lainnya.
Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah, kegiatan yang ada di sekolah baik bersifat akademik maupun non akademik, mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka.

Juknis dan Silabus MOS/MPLS

Dalam Juknis MOS/MPLS 2019/2020 tertera juga silabus mpls (masa pengenalan lingkungan sekolah) yang tujuannya yaitu memberikan kisi kisi indikator pencapaian tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut, misalnya mampu menumbuhkan perilaku positif untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong. Selengkapnya silabus dan Juknis MOS/MPLS 2019/2020 download dibawah ini.

Pedoman/Juknis MPLS/MOS 2019/2020 Permendikbud_Tahun 2016_Nomor 18 PDF

Demikian tadi tentang Pedoman/Juknis MPLS/MOS 2019/2020, sekiranya bisa membantu rekan-rekan guru yang sedang melaksanakan orientasi kepada siswa baru. Semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Pedoman/Juknis MPLS/MOS 2019/2020 (Pengenalan Lingkungan Sekolah)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel