Juknis Program Peningkatan Sarana Prasarana Madrasah 2019 Melalui SBSN

Juknis program peningkatan sarana prasarana madrasah 2019 melalui sbsn digunakan sebagai pedoman setiap satuan pendidikan dibawah naungan kementrian agama Republik Indonesia yang merupakan sebuah implementasi upaya pemenuhan untuk standar sarpras alah satu prioritas utama dalam pengembangan pembangunan bertaraf nasional di bidang pendidikan pada khusunya.

Juknis Program Peningkatan Sarana Prasarana Madrasah 2019 Melalui SBSN

Juknis program peningkatan sarana prasarana bertujuan untuk menjamin tercapainya kinerja dalam hal pelaksanaan/pengelolaannya secara optimal sesuai dengan peraturan dan ketentuan perundang-undangan. Ruang Lingkup terdiri atas standar dan pengelompokan sarpras madrasah yang dibagi ke empat macam kegiatan yakni pengelolaan, pelaporan, monitoring dan evaluasi dengan dibiayai penerbitan SBSN.

Berikut ini beberapa materi yang ada di juknis, termuat pada BAB PELAKSANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG SBSN MADRASAH.

Persyaratan Struktur Bangunan

Struktur bangunan gedung negara harus memenuhi persyaratan keselamatan (safety) dan ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar untuk konstruksi bangunan gedung, yang dibuktikan dengan analisis struktur sesuai ketentuan. Spesifikasi teknis struktur
bangunan gedung negara secara umum meliputi ketentuan-ketentuan:

1. Bahan struktur bangunan baik untuk struktur beton bertulang, struktur kayu maupun struktur baja harus mengikuti standar teknis bahan bangunan yang berlaku dan dihitung kekuatan.

2. Struktur Fondasi, harus diperhitungkan mampu menjamin kinerja bangunan sesuai fungsinya dan dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap berat sendiri, beban hidup, dan gaya-gaya luar seperti tekanan angin dan gempa termasuk stabilitas lereng apabila didirikan di lokasi yang berlereng.

3. Struktur Atap, konstruksi atap harus didasarkan atas perhitungan yang dilakukan secara keilmuan atau keahlian teknis yang sesuai. Kemiringan pada posisi atap harus dipaskan dengan bahan penutup atap bangunan yang akan dipakai, sehingga nantinya tidak akan terjadi kebocoran. Bidang atap harus merupakan bidang yang rata, kecuali desain bidang atap dengan bentuk khusus.


Persyaratan Pelaksanaan Pekerjaan

Tata cara pelaksanaan dan petunjuk lain yang berhubungan dengan peraturan pembangunan yang berlaku di Republik Indonesia selama pelaksanaan, kontrak harus betul-betul ditaati. Persyaratan umum pelaksanaan pekerjaan harus sesuai dengan pernyataan dalam pasal pekerjaan plumbing.

Pekerjaan Perabot

Pekerjaan Perabot adalah termasuk perbaikan perabot lama atau pembelian perabot baru. Jenis perabot dan tata letaknya mengacu pada Pembakuan Bangunan dan Perabot Sekolah Dasar yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2004. Bahan-bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan perabot sekolah antara lain meliputi :

1) Kayu solid, merupakan bahan baku yang digunakan perabot termasuk dalam kategori terkuat dibandingkan dengan bahan baku kayu jenis lainnya, akan tetapi jumlah tanam dan waktu yang cukup lama tumbuhnya dan penebangan pohon liar mengakibatkan tidak seimbang antara persedian kayu dengan kebutuhan.

2) Plywood adalah jenis kayu olahan serta relatif lebih kuat dibandingkan jenis kayu olahan lainnya. Bahan dasar plywood berasal dari lapisan- lapisan kayu yang ditumpuk secara berlapis-lapis kemudian dipress baik menggunakan kayu jati, sungkai, nyatoh atau lainnya.

3) Blockboard, barang ini terbuat dari beberapa kumpulan jenis macam-macam bahan kayu berbentuk kotak kecil selanjutnya disatukan kemudian dipadatkan oleh alat berupa mesin diberi lapisan pada kedua sisinya, lapisannya bisa berupa kayu jati atau dapat pula kayu lainnya.

Petunjuk Teknis (Juknis) Program Peningkatan Sarana Prasarana Madrasah Melalui SBSN diharapkan dapat diimplementasikan oleh seluruh Satuan Kerja Pelaksana Proyek SBSN pada tahun anggaran 2019 dengan baik. Kepada semua pihak yang terlibat dalam program ini agar terlebih dahulu memahami isi Petunjuk Teknis Program Peningkatan Sarana Prasarana Madrasah Melalui SBSN.

Download Juknis Program Peningkatan SARPRAS Madrasah 2019. PDF

Dengan demikian kekeliruan dan kesalahan prosedur selama pelaksanaan dapat dihindarkan. Semoga program ini bisa untuk mengembangkan dan memajukan Madrasah, salah satunya dengan terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal dibidang sarana dan prasarana. Hal-hal yang belum diatur dalam Juknis ini akan disempurnakan kemudian.

Belum ada Komentar untuk "Juknis Program Peningkatan Sarana Prasarana Madrasah 2019 Melalui SBSN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel