Modul Supervisi Dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS - PKG) Tahun 2019. PDF

Modul pelatihan kepala sekolah supervisi dan penilaian kinerja guru  (MPPKS - PKG) tahun 2019 diterbitkan oleh direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan sebagai upaya dalam menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dirasa semakin pesat, sehingga menuntut kepala satuan pendidikan/ sekolah untuk mengembangkan kompetensi keahliannya secara berkala.

Modul Supervisi Dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS - PKG) Tahun 2019. PDF

Modul/ buku ini berisi tutorial dan juga dapat menjadi salah satu sumber relevan yang bisa digunakan untuk pedoman semua kepala sekolah baik tingkat dasar/ menengah pada pelaksanaan kegiatan pelatihan penguatan kepala sekolah. Hal tersebut adalah salah satu syarat menjadi kepala sekolah. Berikut beberapa isi modul MPPKS – PKG, lebih lengkapnya bisa Bapak/Ibu unduh di halaman paling bawah sendiri.

Instrumen Supervisi Penilaian Akademik

Instrumen ini dapat dijadikan alat oleh supervisor dalam hal ini yaitu kepala sekolah untuk mendata identifikasi profil seorang guru dalam kemampuannya membuat RPP (rencana dan pelaksanaan pembelajaran), serta tahap menentukan penilaian pembelajaran masing-masing peserta didik.
Macam-macam instrumennya meliputi Pedoman Observasi, Wawancara dan Daftar Cek/Kendali

Salah satu acuan yang bisa digunakan dalam menyusun atau mengembangkan instrumen supervisi akademik adalah indikator-indikator dalam Penilaian Kinerja Guru. Dengan mengacu pada indikator Penilaian Kinerja Guru, peningkatan kualitas guru sebagai hasil pemberian bantuan melalui supervisi akademik sedikit banyak dapat diketahui melalui mekanisme Penilaian Kinerja Guru.

Tahapan Supervisi Akademik

Secara umum pelaksanaan supervisi akademik dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu a. perencanaan, b. pelaksanaan supervisi, dan c. tindak lanjut hasil supervisi. Aktivitas yang baik harus direncanakan dengan baik, demikian pula halnya dengan supervisi akademik. Adapun prinsip-prinsip perencanaan supervisi akademik adalah a. objektif, b. bertanggung jawab, c. berkelanjutan, d. berdasarkan SNP, e. didasarkan atas kebutuhan sekolah.


CONTOH BENTUK INSTRUMEN
PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Nama Guru : ……………………………..
2. Sekolah : ……………………………..
3. Kelas, Semester : ……………………………..
4. Identitas Mata pelajaran/Tema : ……………………………..
5. Standar Kompetensi/Sub Tema : ……………………………..
6. Kompetensi Dasar : ……………………………..
7. Hari tanggal : ……………………………..



Instrumen yang terdapat pada tabel di atas digunakan untuk memastikan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru sudah benar benar sesuai dengan regulasi yang berlaku. Setelah melakukan supervisi perencanaan pembelajaran, selanjutnya melakukan wawancara kegiatan pra observasi dengan mendokumentasikan dalam bentuk instrumen yang disebut Instrumen Pra Observasi

Pelaksanaan Supervisi

Pelaksanaan supervisi akademik sangat tergantung pada pendekatan dan teknik yang digunakan. Dalam pelaksanaan supervisi akademik teknik individual jenis observasi dan kunjungan kelas, pelaksanaan supervisi dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu pra observasi, observasi dan pasca observasi.

Pra observasi

Pra observasi adalah tindakan berupa sebelum observasi, guru yang akan disupervisi merasa nyaman dan siap untuk disupervisi. Bentuk kegiatan pra observasi biasanya berupa diskusi yang sekaligus dimanfaatkan untuk melakukan supervisi perencanaan pembelajaran dengan mengacu kepada format yang ada di  modul pelatihan kepala sekolah supervisi dan penilaian  kinerja guru.

Pasca Observasi 

Kegiatan pasca observasi adalah proses refleksi dan pemberian umpan balik serta upaya pengkondisian tindakan perbaikan yang harus dilakukan oleh guru yang disupervisi. Kegiatan refleksi dan wawancara ini dapat didokumentasi berupa instrumen wawancara.

Tindak Lanjut Hasil Supervisi

Salah satu langkah penting dalam kegiatan supervisi akademik adalah tindak lanjut hasil supervisi. Supervisi tanpa tindak lanjut tidak memiliki dampak yang berarti dalam perbaikan proses pembelajaran. Tindak lanjut supervisi akademik dapat berupa:

1) Melakukan Evaluasi Hasil Supervisi 

Tindak lanjut hasil supervisi merupakan kegiatan yang sangat strategis berkenaan dengan upaya peningkatan mutu proses dan hasil belajar. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa tanpa kegiatan tindak lanjut, supervisi yang dilakukan tidak memiliki makna apa pun. Tindak lanjut hasil supervisi meliputi dua kegiatan utama, yaitu melakukan evaluasi hasil supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi.

2) Menindaklanjuti Hasil Supervis

Berdasarkan hasil analisis evaluasi supervisi akademik, langkah selanjutnya adalah menindaklanjuti hasil supervisi, yang meliputi: (a) menetapkan alternatif tindakan yang akan ditempuh sesuai dengan kesulitan atau kelemahan yang ditemukan ada pada guru, (b) membuat rencana tindakan yang mencakup kapan, dimana, siapa yang terlibat, serta bagaimana langkah-langkah tindakan tersebut dilakukan.

Modul Supervisi Dan Penilaian  Kinerja Guru (MPPKS - PKG) Tahun 2019.PDF >> Download

Sekian informasi yang dapat radarpendidikan.com sampaikan, semoga bermanfaat.
Sumber Hak Cipta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Belum ada Komentar untuk "Modul Supervisi Dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS - PKG) Tahun 2019. PDF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel